Melalui Bid. Statistik, Diskominfo Gelar Rakor Penyusunan Buku Profil Kabupaten Sukabumi 2024

D2/R.Iyan Satria 

MATANUSA.NET SUKABUMI – 

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi melalui Bidang Statistik menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Buku Profil Kabupaten Sukabumi Tahun 2024. Rakor tersebut berlangsung di Hotel Sukabumi Indah, Selasa dan Rabu (21 s/d 22 November 2023).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan tata kelola data yang baik sebagaimana diharapkan dalam sistem satu data indonesia.

BACA JUGA : Lindungi Peserta Didik Dalam Pendidikan, Dewan Pendidikan Kab. Sukabumi Gelar Rakor

Dalam laporannya Kabid Statistik Yosef Nofriandie menyampaikan bahwa penyusunan buku profil Kabupaten Sukabumi ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum dan menyeluruh tentang profil daerah untuk periode tertentu.

“Selain itu memberikan informasi potensi yang ada, sekaligus penyediaan informasi dasar yang bisa dijadikan rujukan perumusan kebijakan” ungkap Yosep.

Kabid statistik menegaskan Rakor penyusunan buku profil daerah kab sukabumi dapat memberikan gambaran umum mengenai berbagai kondisi yang ada di kabupaten sukabumi.

Sementara itu, Plt Kadis kominfo, Herdy Somantri dalam sambutanya mengatakan

 bahwa salah satu fokus diskominfo adalah mendukung pembangunan daerah karenanya diperlukan sinergi antara BPS dengan Perangkat Daerah sebagai penyedia data dan sumber statistik sektoral.

“dengan data sektoral yang akurat dan berkualitas maka pembangunan akan lebih terarah dan pelayanan kepada masyarakat pun akan lebih cepat, mudah dan murah” ungkapnya.

Diketahui saat ini Kabupaten Sukabumi telah memiliki portal satu data indonesia melalui aplikasi open data kabupaten sukabumi.

Hadir sebagai peserta rakor: subkor program beserta pengelola data, sementara narasumber adalah unsur Badan Pusat Statistik Kab sukabumi selaku pembina data, serta perwakilan jabar Digital Service.