Bakti Lingkungan Hidup Dalam Konservasi Alam, LSM Dampal Jurig Susur Beberapa Tempat

Caption: Ketum LSM Dampal Jurig, Irvan Azis dalam aksi tanam 31 pohon di beberapa tempat.

R.Iyan Satria/Red

MATANUSA.NET SUKABUMI-

Irvan Azis, Ketua LSM Dampal Jurig Jabar, telah berhasil menanam 31.000 pohon dalam kegiatan Bakti Lingkungan Hidup dan Konservasi Alam di berbagai lokasi Kabupaten Kota Sukabumi dan provinsi Jawa Barat pada Kamis (23/11/23).

Setiap tanggal 21 November, LSM Dampal Jurig dan berbagai komunitas peduli lingkungan serta pecinta alam di Indonesia, termasuk LSM Dampal Jurig, merayakan Hari Pohon Sedunia dengan tindakan nyata.

BACA JUGA : Bertemu Pengcab SEMMI, Sekda Apresiasi Akan Digelarnya Musda

Kabupaten Sukabumi, khususnya di hulu Sungai Cimandiri, Kecamatan Geger Bitung, yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, menjadi pusat kegiatan ini.

Jenis pohon yang ditanam melibatkan Puspa, Jamuju, Rasamala, Jati Emas, Trembesi, Kawung, Akasia, Jabon, Mahoni, eukaliptus, Sengon Kencana, serta pohon buah produktif seperti sirsak, jengkol, jambu biji, alpukat, dan lainnya.

Lokasi penanaman mencakup kanan-kiri Sungai Cimandiri, jalan bukit rawan longsor, kaki Gunung Gede Pangrango, halaman sekolah, pemerintahan, pekarangan rumah, pondok pesantren, dan area lainnya.

Dengan total 31.000 pohon ditanam, sesuai tema peringatan ke-31 LSM Dampal Jurig, ini merupakan wujud komitmen mereka dalam menyelamatkan lingkungan hidup.

Ketua LSM Dampal Jurig, Irvan Azis, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan berkelanjutan sesuai visi misi LSM dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam.

“Aksi ini mendapat arahan langsung dari Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat LSM Dampal Jurig Jabar,” ujar Irvan Azis.

Azis menambahkan, “Mari kita tinggalkan warisan mata air, bukan air mata, dengan rajin menanam pohon karena banyak manfaat yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini.”

Sebagai langkah nyata untuk mewariskan lingkungan lestari kepada generasi mendatang, LSM Dampal Jurig terus mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga keberlanjutan alam,” pungkasnya.