Tempat Pembakaran Genteng dan Batu Bata di Grobogan Terbakar

Red/Ari/Pujiyanto

MATANUSA.NET GROBOGAN-

Peristiwa kebakaran tempat pembakaran genteng dan batu bata terjadi di Desa Karangasem Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan, Selasa (17/10/2023). Tempat pembakaran tersebut, yakni milik Suhadi (60).

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Wirosari Polres Grobogan AKP Muri menjelaskan, peristiwa berawal saat korban Suhadi (60) sengaja mempersiapkan tungku pembakaran yang akan digunakan esok harinya.

‘’Api sudah dipersiapkan, tadi sudah ditutup dengan tahi gergaji,’’ jelas Kapolsek Wirosari Polres Grobogan.

Karena posisi lokasi pembakaran tersebut berada di dataran tinggi dan angin berhembus kencang, hal itu membuat api yang tengah dipersiapkan untuk melakukan pembakaran tersebut membesar.

‘’Api membakar klethek (kulit buah randu) yang berada di dekat lokasi pembakaran itu dan kemudian membakar tiang tempat pembakaran genteng dan batu bata,’’ kata AKP Muri.

BACA JUGA : Kirim Mebel, Sebuah Mobil Terbakar di Grobogan

Kebakaran tersebut, kemudian dilaporkan ke Polsek Wirosari Polres Grobogan dan diteruskan ke pos Damkar Wirosari, Grobogan. Petugas damkar yang datang ke lokasi pun, berhasil memadamkan api sebelum membakar habis tempat pembakaran genteng dan batu bata tersebut.

Kapolsek Wirosari Polres Grobogan mengatakan, tempat pembakaran genteng dan batu bata yang terbakar itu terbuat  dari campuran kayu jati dan kayu randu.

Dalam peristiwa tersebut, tidak ditemukan adanya korban jiwa. Namun, korban harus mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai Rp 40 juta.

‘’Selain tempat pembakaran, alat-alat untuk mencetak genteng dan batu bata juga ikut terbakar dalam kejadian tersebut,’’ ujar Kapolsek Wirosari Polres Grobogan.

Kebakaran itu diduga terjadi akibat api dari tungku yang terlalu besar, sehingga sewaktu ada angin yang berhembus, api menyambar kulit buah randu bahan bakar pembakaran yang berada di dekatnya hingga yang telah dipersiapkan untuk pembakaran genteng dan batu bata membesar.