Plan Festival Bebegig ke- 4 di Waluran, Wabup Terima Audiensi Komunitas Palapah

Red/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri Mewakili Bupati Menerima perwakilan komunitas Pelestarian Adat Lahan Parahyangan (PALAPAH), bertempat di Ruang Rapat BKPSDM Kab. Sukabumi, Selasa (10/10/2023).

Adapun tujuan dilaksanakannya audiensi ini dijelaskan oleh Ketua PALAPAH adalah untuk menyampaikan rencana kegiatan Festival Bebegig Ke-4 Tahun 2023 di Kecamatan Waluran.

BACA JUGA : Kirab Gerebeg Maulid di Kecamatan Wirosari Berlangsung Meriah

“dalam rangka melestarikan seni budaya komunitas PALAPAH ingin membuat Festival yaitu Festival Bebegig untuk membuka ruang aktraksi seni permainan yaitu festival bebegig, ngabuburit bari ngahaliring serta permainan tradisional ( Goganjakan ).” Ungkap Ketua Palapah.

Sementara Wakil bupati dalam arahannya menyambut baik rencana dilaksanakannya Festival Bebegig ini karena komunitas Palapah telah ikut serta memupuk seni budaya dan seni tradisional yang ada di wilayah wisata Geopark Ciletuh sehingga manfaatnya bisa dirasakan untuk meningkatkan pengunjung ke geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Pelaksanaan Festival Bebegig ini diharapkan bisa menjadi event tahunan di geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk itu Dinas Budpora bisa mensupport kegiatan tersebut dengan harapan bisa memberikan dampak positif menyerap wisatawan yang akan datang.” Jelasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup serta Kepala Harian BP CPUGGp serta perwakilan Dinas Budpora.