Komitmen Gunakan Bahasa Indonesia Sesuai Kaidah, Pemkab Grobogan Terima Penghargaan PRASIDATAMA 2023

Red/Ari Nugroho

MATANUSA.NET GROBOGAN-

Pemerintah Kabupaten Grobogan menerima Penghargaan PRASIDATAMA Tahun 2023 dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebagai Lembaga Pemerintah Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik di Provinsi Jawa Tengah. 

Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Grobogan pada acara Penganugerahan Prasidatama di Hotel Nirwana, Pekalongan, Senin 25 September 2023.

BACA JUGA : Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, Buka KMD di SMPN 6

Dalam sambutannya Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes. menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Grobogan berkomitmen untuk menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang benar, baik di ruang publik maupun di surat dinas. 

Papan nama ruangan di Kantor Sekretariat Daerah sudah kami sesuaikan dengan kaidah Bahasa yang baik dan benar, dan akan Kami perintahkan kepada semua Kepala Perangkat Daerah untuk melakukan hal yang sama di kantornya masing-masing. 

Selanjutnya, kaidah Bahasa ini juga akan Kami jadikan muatan teknis pengaturan dalam Peraturan Bupati tentang Tata Naskah Dinas.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum. mengatakan bahwa Penghargaan Prasidatama ini diharapkan menjadi simbol komitmen Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi pemerintah untuk melaksanakan pembangunan nasional di bidang kebahasaan dan kesastraan di Jawa Tengah. 

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa beserta Balai dan Kantor Bahasa diberi amanat untuk pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia. Ia mengatakan bahwa fokus program Badan Bahasa hanya tiga, yakni literasi, pelindungan bahasa dan sastra daerah, serta melakukan penginternasionalan Bahasa Indonesia.