Dihadiri Pj Walikota Sukabumi, Diskumindag Gelar Pelatihan SDM Pelaku UMKM

Red/Koestopo

MATANUSA.NET KOTA SUKABUMI –

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, menggagas kegiatan yang mendorong untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UKM.

Hadir pada kesempatan kegiatan, Selain Pj Wali Kota, hadir Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan.

” Bagaimana meningkatkan sumber daya manusia terkait pelaku UMKM,” ujar Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji @tus_hartadji.

Alhamdulillah pelatihan ini bentuk sinergitas pemerintah pusat, pemprov dan pemkot melalui DAK.

Kusmana mengatakan, harapannya dengan pelatihan ini permasalahan yang dihadapi pelaku UKM dapat diatasi. Kali ini, ada 35 orang pelaku UMKM mendapatkan pelatihan agar masalah dapat diatasi, Senin (25/9/23).

” Inplementasikan apa yang didapat di dalam pelatihan dan berbagi dengan yang lain,” ungkap Kusmana. Pelaku UMKM harus kompak dan bersama-sama karena pelaku usaha harus berkolaborasi dengan pelaku usaha lain.

Intinya kata Kusmana, pemberdayaan UMKM urusan wajib pemerintah dalam meningkarkan kapasitas pelaku UMKM di Sukabumi. Dalam momen ini pula ia menekankan digitalisai bukan pilihan tapi kewajiban yang menolak akan terjungkal.

” Jangan gengsi pakai produk lokal, optimis pelaku UKM jeli menangkap peluang yang ada,” kata Kusmana. Ke depan ia menggagas Kuliner Night di jalanan untuk mendorong kunjungan ke Sukabumi dan wisatawan menikmati malam minggunya di Sukabumi.