Bangun Partisipasi Aktif, PLt Disnak Sukabumi Paparkan Kasira Kepada Peserta GHA OHCC IPB

Caption : Drh. Asep Kurnadi, ketika dalam kegiatan Kasira, di Jampang Tengah, Sukabumi bersama Peserta GHA OHCC IPB.

Redaksi/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Bertempat di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, digelar kegiatan Institutional Visit ke kelembagaan Kader Siaga Rabies (KASIRA).

Pada kesempatan kegiatan, Plt Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, drh. Asep Kurnadi memberikan paparan Menganai KASIRA kepada Peserta Global Health Agromaritime and One Health Collaborating Center IPB University (GHA-OHCC IPB), Senin (7/8/23).

Dijelaskan Drh Asep Kurnadi, Global Health Agromaritime and One Health Collaborating Center IPB University (GHA-OHCC IPB) merupakan suatu wadah komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi lintas sektoral antar civitas IPB dalam menunjang penerapan konsep One Health berbasis pertanian sesuai motto nya One Health through Agromaritime, Kata Asep.


Lanjut Asep, Salah satu program utama dari GHA-OHCC IPB adalah “One Health Student Club (OHSC) untuk memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan yang terkait One Health”.

Lebih jauh, bahwa KASIRA (Kader Siaga Rabies) adalah tenaga sukarela yang berada di setiap desa dengan kriteria tertentu yang dipilih oleh dan dari masyarakat lokal yang memiliki tugas membantu dinas terkait dalam kegiatan pengendalian rabies di lapangan. 


KASIRA dibentuk dengan tujuan membangun partisipasi aktif dan tanggung jawab masyarakat dalam kegiatan pengendalian rabies, sehingga dapat mendukung dan mempercepat terwujudnya keberhasilan pengendalian penyakit tersebut. 

Hal ini sesuai dengan tugas-tugas KASIRA yaitu melakukan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) kepada masyarakat, menggerakkan masyarakat dan mengoordinasikan kegiatan di lapangan, dan membantu dinas dalampengendalian serta penanganan kasus rabies di lapangan baik terhadap Hewan Penular Rabies (HPR) maupun manusia sebagai korban gigitan, jelasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari Kecamatan Jampang Tengah, Perwakilan dari Koramil, perwakilan Puskesmas, Kepala Desa Jampang Tengah, perwakilan KASIRA, perwakilan Dinas Peternakan, UPTD Peternakan dan Puskeswan Wilayah V dan Tim GHA-OHCC IPB yang hadir terdiri dari Dr. Drh. Supriyono, M.Si sebagai penanggung jawab, dosen SKHB IPB Dr. drh. Yusuf Ridwan, M.Si., 18 orang mahasiswa IPB University lintas fakultas multisemester.