Nyaris Ambruk, Warga Kabandungan Keluhkan Kondisi Jembatan Cigenca

Kondisi jembatan saat ini.

Wahyu Humaedi 

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Jembatan yang menghubungkan dua Desa dan dua Kecamatan antara Kecamatan Kabandungan, dengan Kecamatan Kalapanunggal, di Kabupaten Sukabumi nyaris ambruk, dan diperlukan Penanganan guna perbaikan.

Dengan kondisi mengkhawatirkan, warga masyarakat meminta perbaikan kepada Instansi terkait, di Kabupaten Sukabumi.

“Ia itu jembatan Cingenca sebagai jembatan penghubung dua Desa dan dua Kecamatan, bahkan jembatan tersebut paling sering di lewati warga setempat,  termasuk anak sekolah”, ucap Warga Walangsari, yang enggan disebutkan namanya, kepada matanusa.net, Jumat (30/6/23).

Sepengetahuan dirinya, lanjut dikatakan warga, jembatan tersebut belum pernah adanya perbaikan dari semenjak di bangun, mungkin kurang lebih sepuluh tahun silam.

Senada, warga lainya sebut saja Ade, katanya sudah beberapa kali di ajukan kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, alhasil hingga saat ini, belum adanya tanggapan dari pihak instansi terkait.

Kami atas nama warga dua desa berharap adanya bantuan dan perbaikan, pasalnya jalan tersebut sebagai salah satu akses jalan warga sebagai roda perekonomian, dan jembatan alternatif yang menghubungkan dua Desa di dua Kecamatan, apalagi sering di lintasi anak sekolah, tutur Ade diamini warga lainya.

Sementara itu, Kepala Desa Tugu Bandung Kecamatan Kabandungan, A Yudi membenarkan jembatan Cingenca sebagai satu satu akses jembatan penghubung yang ramai di lewati warga masyarakat, nah saat ini  kondisi jembatan sangat mengkhawatirkan bilamana dilalui oleh pejalan kaki, kata Kades.

Lanjut, pihaknya berharap adanya Optimalisasi dari APBD Kabupaten Sukabumi melalui Dinas terkait, Akses jembatan tersebut sangat vital sekali. 

Masih dikatakan, di Kecamatan kabandungan ada enam desa, satu puskesmas seringkali di lewati mobil siaga dan ambulan yang bolak balik sering melewati ruas jalan Ciawi tali Cipeteuy.

Sedangkan kalau jalan tersebut longsor atau terkena bencana, akses jalan yang akan di lalui hanya jembatan Cingenca sebagai alternatif warga Kecamatan Kabandungan Sukabumi, dan tidak ada lagi, otomatis akan melewati jembatan Cingenca ungkap Kades.

Saya sangat berharap sekali, Pemda Kabupaten Sukabumi lebih memperhatikan jembatan Cingenca, dan segera untuk dilakikan perbaikan, pungkasnya.