Warna Menggoda, Yuk Cicipi Legitnya Kabocha Jepang Ada di Sukabumi

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Pernah mencicipi legitnya Kabocha/combucha yang warnanya seger kuning-orange? Yup, kabocha (Cucurbita maxima) merupakan jenis labu yang bertekstur lembut dan memiliki rasa manis legit seperti ubi jalar.

Labu Kabocha merupakan jenis labu yang berasal dari Jepang, bentuk labu Kabocha sama dengan labu kuning yang ada di Indonesia. Namun warna kulit dari labu kabocha lebih merah dan ukuran labu kabocha lebih kecil dibanding dengan labu kuning. 


Labu Kabocha banyak memiliki manfaat pada kesehatan diantaranya menurunkan risiko osteoporosis, mencegah hipertensi, memperlancar pencernaan, mencegah kanker, menyehatkan jantung, mencegah penuaan dini dan sangat cocok sebagai makanan pendamping ASI (mpasi).

Menanam kabocha terbilang mudah, jenis tanaman ini menjalar sehingga memerlukan ajir sebagai tiang jalar. Tanaman ini dapat tumbuh baik di ketinggian 800-1200 mdpl, dan cukup bagus di tanam di wilayah utara Kabupaten Sukabumi. 

Untuk optimalisasi lahan, kabocha juga dapat ditanam tumpangsari dengan tanaman lainnya seperti cabai, tomat dan bawang daun.

|Redaksi/D2|