Upayakan Perjuangan Bagi Masyarakat, Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Sukabumi di Lantik

MATANUSA.NET KOTA SUKABUMI –

Pelantikan dewan kehormatan dan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi masa bhakti 2023-2028 digelar di Hotel Pangrango, Sukabumi, Kamis (25/5/2023).

Momen tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Ketua PMI Jawa Barat Irjen Pol Purn Adang Rochjana, dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo. 

Kegiatan ini untuk mendorong segenap pengurus PMI agar dapat mengupayakan PMI menjadi wadah perjuangan masyarakat dalam membela hak-hak kemanusiaan dari segenap warga untuk hidup, sehat, aman.

” Tugas pokok PMI membantu pemerintah dalam di bidang sosial kemanusiaan,” ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dalam sambutannya. Terutama tugas tugas kepalangmerahan meliputi kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan transfusi darah. 

Upaya yang dilakukan PMI ini kata Andri, sejalan dengan visi dan misi Pemkot Sukabumi dan visi pembangunan jangka menengah pemerintah Kota Sukabumi. Yakni terwujudnya Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera. 

Pelantikan ini ungkap Andri, jadi momentum bagi segenap pengurus PMI agar dapat mengupayakan PMI menjadi wadah perjuangan masyarakat dalam membela hak-hak kemanusiaan dari segenap warga untuk hidup, sehat, aman. 

PMI juga berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar gerakan palang merah internasional dan bulan sabit merah yakni kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaaan. Upaya-upaya perbaikan pelayanan tetap harus menjadi agenda dan perencanaan PMI ke depan.

Tantangan pemenuhan kebutuhan pelayanan yang lebih terbuka, berbasis digital, dan tidak berjarak menjadi dasar pelayanan di PMI.

Sehingga lanjut Andri, PMI harus aktif, inovatif dan responsif dalam memberikan pelayanan kepada warga. Atas nama pemda mengucapkan terimakasih atas kegiatan kemanusiaan dan peningkatan kesehatan masyarakat.

|Redaksi/D2|