Dalam Rangka Pemuktahiran Data dan Publikasi, DP3A Gelar Kompilasi Bahan Profil Gender dan Anak

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi menggelar Kegiatan Kompilasi Bahan Profil Gender Dan Anak. Kegiatan berlangsung di Selabintana Kecamatan Sukabumi, Kamis 11 Mei 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari unsur perangkat daerah dan lembaga di Kabupaten Sukabumi ini bertujuan untuk mengompilasi data terpilah dalam rangka pemutakhiran data terpilah gender dan anak guna penyusunan publikasi profil gender dan anak tahun 2023.

Kegiatan ini juga sebagai implementasj  Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Data Gender Dan Anak, 

Dalam Permen tersebut dinyatakan bahwa penyelenggaraan data gender dan anak adalah suatu upaya pengelolaan data pembangunan yang meliputi: pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang sistematis, komprehensif dan berkesinambungan yang digunakan untuk melaksanakan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA).

Menurut Kepala DP3A Kab Sukabumi, H. Eki Radiana Rizki, Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terkumpulnya data yang valid, akurat dan lengkap sehingga dapat digunakan sebagai bahan penyusunan profil gender dan anak tahun 2022 yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan kebijakan responsif gender dan anak di tahun 2023 dan berikutnya.

Narasumber dalam acara ini yaitu ibu Dr.    Erhamwilda., M.Pd., dari Forum Komunikasi Dan Kajian Gender Dan Anak Provinsi Jawa Barat.

Redaksi