Di Hadiri 13 Lembaga Wilayah III, Workshop Pengembangan Bahan Ajar Bagi Tutor

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menggencarkan bimbingan Teknis tutor sebagai bahan pengembangan bahan ajar bagi Pendidikan Kesetaraan.

Pendidikan kesetaraan  merupakan salah satu program Pendidikan Non Formal (PNF). Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dijangkau dan dipenuhi oleh jalur pendidikan formal, sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. Wujud penyelenggaraannya dalam bentuk Kejar Paket A setara dengan SD, Kejar Paket B setara dengan SMP, dan Kejar Paket C setara dengan SMA.

Ternyata, Tutor menjadi nahkoda penting dalam pendidikan kesetaraan bahkan menjadi salah satu komponen yang utama dalam proses pembelajaran. Capaian keberhasilan warga belajar sangat ditentukan oleh cara dan kemampuan tutor dalam menyampaikan bahan ajar. 

Adapun pelaksanaan Bimtek atau workshop pelaksanaan kapasitas dan kualitas tutor program kesetaraan, dilaksanakan di villa Pardena dan Aula Desa pasawahan pelaksanaan tgl 4-5 Maret 2023, dihadiri oleh 13 lembaga yang ada di wilayah 3 Cicurug, (11/03/23).

Pada kesempatan kegiatan, Usep Suhaeli selaku Mentor dari giat workshop mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan terhadap pengelolaan peningkatan layanan yang mandiri, serta meningkatkan kompetensi pendidik dalam implementasi kurikulum dan penyusunan kurikulum satuan pendidikan, ucapnya.

Lanjut, pendidikan kesetaraan memiliki peranan strategis dalam peningkatan Indeks Pendidikan yang nantinya juga berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM), 

“Pendidikan Kesetaraan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan berada paling didepan,dan maju dengan pesat”, paparnya.

Untuk diketahui, hadir dalam workshop tersebut, dengan mentor, Usep Suhaeli, M.Pd (pembina PKBM Wil 3 Cicurug), Tian Keristian (Ket. korwil 3 Cicurug), Ade Saprudin (Ket. bid SDM korwil 3 Cicurug)

Redaksi