Literasi Untuk Negeri, Menyebar Luaskan Budaya Perluas Kreatifitas Sekaligus Pupuk Nilai Nasionalisme

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Secara Resmi Membuka Kegiatan Pekan Literasi Sukabumi, Bertemakan “ Literasi Untuk Negeri”. Bertempat di Old Scholl Resto, Kecamatan Cibadak. Sabtu (17/12).

Disampaikan ketua panitia penyelenggara Eliana Dewi Yanti, Pekan Literasi Sukabumi ini bertujuan untuk menyebar luaskan budaya literasi bagi siswa/siswi, memperluas kreatifitas dengan berliterasi sekaligus memupuk nilai Nasionalisme, mewujudkan lingkungan yang gemar berkarya dalam kondisi apapun serta untuk meningkatkan budaya membaca dan kreatifitas para siswa/siswi.

Adapun yang dilombakan adalah audisi baca puisi dan baca cerita, diikuti oleh peserta dari perwakilan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas se-kab. sukabumi.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diselenggarannya kegiatan tersebut. Karena menurutnya, hal ini dapat memotivasi budaya membaca serta kreatifitas anak anak sekolah.

“Kegiatan ini akan memberikan semangat kepada anak anak, baik di sekolah maupun di rumah untuk gemar membaca dan berkarya” jelasnya.

Selain itu menurutnya, peran serta orangtua di rumah sangat mempengaruhi terhadap literasi anak anak.

“ jadi kita harus memberikan contoh kepada anak anak kita di rumah” tambahnya.

Tak hanya itu, Bupati menyebut selain literasi, etika, tatakrama dan budi pekerti adalah hal yang tak kalah penting bagi pendidikan anak.

“Literasi tidak hanya membaca, tapi menimba ilmu yang lainnya juga. hal seperti ini sangat penting dalam meregenerasi anak kita” pungkasnya.

Sementara itu msih ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Drs.H.Mohamad Solihin, MM.Pd mengatakn , Alhamdulailah Pembukaan “Pekan Literasi Sukabumi” diselenggarakan oleh Old School Managemen, Cibadak dibuka langsung oleh Bapak Bupati sebagai dukungan kepada siswa-siswi yang antusias terhadap dunia literasi”, pungkas Solihin,

Redaksi/Deni H