Masih di HJKS ke-152 dan diikuti 200 Peserta, Sawala Pelungers Gelar Kontes Ayam Pelung

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Dalam mempererat silaturahmi serta (ngamumule budaya), Komunitas Pelungers adakan kontes ayam pelung. Adapun kegiatan kontes ayam pelung berkala diadakan, di Sawala Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi nampaknya dinilai cukup diminati dan menjadi perhatian khusus bagi penghobi ayam pelung, tak ayal terbukti dengan hadirnya para peserta dari luar kabupaten sukabumi, Minggu (18/09/2022).

Panitia kontes, Taupik Gagan ketika ditemui awak media matanusa.net, mengatakan, “kegiatan kontes ayam pelung berkala, maksudnya kontes ayam pelung yang di laksanakan di Sawala Desa Parungseah Kecamatan Sukabumi, memperbutkan SAWALA CUP ll katagori umum dan perang bintang, sekaligus memeriahkan hari jadi kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 152, dengan di ikuti 200 peserta, Ucap Gagan.

Sementara itu, Kepala Desa Parungseah Mohamad Munir mengamini terkait adanya kegiatan kontes ayam pelung yang diselenggarakan oleh komunitas Pelungers dengan memperebutkan sawala cup ll.

Masih disampaikan M.Munir, kontes ayam pelung ini, bertujuan untuk melestarikan budaya, terkait kearipan lokal yang ada di kesundaan ini, khusus nya sukabumi, selain itu memperkenalkan sawala bahwa budaya kontes ayam pelung ini masih ada, imbuhnya.

Terakhir, kegiatan ini juga sebagai salah satu rangkaian yang ada kaitan nya dengan hari jadi kabupaten sukabumi yang ke 152, guna mendorong kearipan lokal, dan mari kita angkat potensi yang ada di desa parungseah kecamatan Sukabumi, kabupaten sukabumi, pungkasnya.


Untuk diketahui, dalam kegiatan kontes ayam pelung dihadiri pula oleh kepala  Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi dan jajaran, Kepala Desa, seluruh kepanitiaan dan warga masyarakat.

Reporter  : Wahyu Humaedi

Redaktur : D2