Kondisi Kota Tua Jakarta Ditengah Pandemi

Tampak pengunjung kota tua Jakarta, ketika menikmati liburan bersama keluarga.

JAKARTA matanusa.net –

Pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh sektor kehidupan di Indonesia terkena dampaknya, termasuk pariwisata, ada beberapa tempat liburan terpaksa harus tutup sementara, salah satunya Kawasan Kota Tua. Setelah di tahun 2019 tutup kunjungan, kini dengan adanya peraturan baru tempat wisata ini mulai bisa kembali dibuka. 

Jika di tahun 2020 pembukaan hanya diperbolehkan area kafe saja, sejak pertengahan 2021 pengunjung mulai bisa kembali melihat keseluruhan wajah Kota Tua beserta jajaran model-model ala masa penjajahan Belandanya.

Namun ternyata, pembukaan kembali tempat wisata ini berbarengan dengan lahirnya beberapa perubahan. Seperti pengadaan peraturan kapasitas pengunjung, yang tadinya tidak terbatas menjadi hanya 650 pengunjung. 

Para pengunjung pun harus menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan tetap memakai masker, tidak berkerumun, dan  menjaga jarak aman. Adapun pihak pengelola Kawasan Kota Tua juga melengkapi fasilitasnya dengan menghadirkan tempat cuci tangan di beberapa titik area.

Sedangkan pada pintu masuk, pengunjung akan disambut oleh Satuan Petugas (Satgas) dan jajaran kode batang Peduli Lindungi. Satgas akan meminta pengunjung untuk memindai kode batang yang tersedia guna mengurangi penumpukan dan memastikan keamanan pengunjung di area kawasan. Pengunjung di dalam area kawasan juga harus terbiasa dengan adanya pengumuman dari Satgas yang terus mengingatkan untuk tetap menjaga prokes.

Seperti diketahui, masih sama seperti sebelum pandemi, pengunjung bisa datang sejak pukul 09.00 WIB, hanya saja jika dulu area masih bisa dinikmati hingga pukul 22.00 WIB, kini di pukul 18.00 WIB area kawasan sudah harus dikosongkan guna mengikuti aturan baru pemerintah. Kendati demikian, ternyata peraturan tersebut tidak menutup antusiasme pengunjung untuk datang,

“Ramainya, diatas jam 12.00, di hari Sabtu sama Minggu. Paling sepi hari Senin, karena museum juga tutup,” kata Gifari A. Ramadhan, selaku honorer di Bagian Tata Usaha Kawasan Kota Tua. (5/03/2022).

Masih dikatakan Gigari, bagi kalian yang bingung menghabiskan hari libur dimana, Kawasan Kota Tua sangat cocok untuk masuk list liburanmu. Namun jangan lupa untuk selalu terapkan prokes dengan baik guna keselamatan kita bersama. Happy holiday readers, tukasnya.

Kontributor : Tiara Dina (Mahasiswi IPB)

Red

Print Friendly and PDF

BERITA INFORMASI RAKYAT