Universitas UMMI Gelar Wisuda, Walkot Sukabumi Tekankan Kampus Sebagai Pusat Peradaban

Red/Koestopo

Redaktur : Steven DJ

MATANUSA.NET KOTA SUKABUMI –

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Wisuda program magister, sarjana, dan diploma III Gelombang I tahun akademik 2023/2024 Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Gedung Ryzzy Azzahra Sukabumi, Rabu (30/8/2023).

Dalam momen itu wali kota berharap para wisudawan dapat melahirkan kontribusi yang nyata bagi masyarakat dan bangsa. Istimewanya pada momen tersebut putra pertama Wali Kota Sukabumi jadi salah satu bagian yang diwisuda sebanyak 825 orang. 

BACA JUGA : Dinas Perikanan Gelar Gesiminasi Fasilitas Akses Permodalan LPMUKP, Dorong UMKM Pelaku Usaha Pembudidaya Ikan

”Tantangan ke depan tidaklah mudah yang akan dihadapi para wisudawan,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Pada saat kuliah lebih banyak belajarnya dibanding ujian. 

Tetapi kata Fahmi, ketika kembali ke tengah masyarakat ujiannya jauh lebih lama dibanding belajarnya. Sebab ketika terjun ke masyarakat hari ke hari adalah ujian.

Buktikan lanjut Fahmi, ilmu yang diperoleh ilmu yang memberikan kebermanfaatan bukan hanya untuk diri sendiri melainkan seluruh masyarakat. Itulah sebabnya titik sentral dari kemajuan peradaban adalah kampus karena mendapatkan ilmu di dalamnya.

BACA JUGA : Keren Umkm Sukabumi Tembus Iec 23, Wabup Iyos Serukan “Dorong Agar Semakin Mendunia”

Dalam peradaban Islam lanjut Fahmi, salah satu yang sering dibanggakan ketika mencapai puncak peradaban bukan sekedar arsitektur. Akan tetapi yang dibanggakan adalah ilmu pengetahuan dan lembaga pendidikan.

” Hari ini yang diharapkan dari kalian karya nyata untuk bangsa, kami pada saat mendampingi kalian tidak berharap apa-apa,” ungkap Fahmi. Tapi bagiaman pasca diwisuda lulus maka karya prestasi mampu dihadirkan.

Jadilah lanjut Fahmi, orang yang menghadirkan solusi bagi masyaraka jangan jadi masalah dan jadilah problem solver. ” Pasca hari ini pihak kampus menyerahkan kepada orangtua, maka sambut dengan karya dan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan pembangunan,” katanya.

Dari ilmu yang didapatkan akan lahirkan karya nyata. Di kampus memberikan dan menyiapkan dengan kemampuan dan kompetensi yang harus diwujudkan pasca kembali ke masyarakat.

BACA JUGA : Dinas Perikanan Hadiri Giat Field Visit Roasting di Desa Gede Pangrango

Pertama kompetensi dengan profesional yang beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat. Bagi yang melanjutkan pendidikan dan bekerja sesuai dengan kompetensi yang harus disiapkan.

Kedua sosial yakni sebagai lulusan UMMI lebel keagamaan melekat kuat dalam keseharian jadilah teladan duta dakwah. Ketiga industrial, wisudawan yang memiliki keterampilan dan kompetensi dan kesantuanan beradab dan berakhlak.

Terakhir passion, mari sama-sama tidak puas dengan yang diberikan kampus dengan melakukan pendalaman keahlian dan keilmuan. Dengan menjaga integritas dan kaidah kebaikan karena label Islam dan Muhammadiyah.

”Selamat wisuda dan beradaptasi dengan masyarakat dan membuat bangga dan bahagia masyarakat,” terang Fahmi. Ia mengatakan kehadriannya di wisuda ini bukan hanya sebagai wali kota tapi bagian orangtua karena putra sulungnya lulus setelah dengan doa panjang akhirnya bisa wisuda.