Banser di Grobogan Gelar Diklatsar

 

Red/Ari Nugroho

MATANUSA.NET GROBOGAN-

Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ke II Pimpinan Anak Cabang (PAC) gerakan pemuda ansor Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, digelar di Madrasah Diniyah Maiftakul Ulum, Desa Ngambakrejo, Tanggungharjo, Grobogan, Jum’at (29/9/2023).

Diklatsar tersebut, diikuti para peserta yang berasal dari Kecamatan Tanggungharjo, Kecamatan Tegowanu, Kecamatan Gubug dan Kecamatan Kedungjati yang berjumlah 30 orang.

Dalam sambutannya, Ketua PAC Ansor Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Ahmad Fakih mengatakan, dirinya merasa bangga kepada para peserta Diklatsar karena mempunyai tanggungjawab dan berjuang di Banser untuk kidmat kepada Nahdlatul Ulama (NU).

‘’Dengan mengikuti diklatsar, diharapkan akan menjadi pemimpin yang akan datang,’’ kata Ahmad Fakih.

Sementara itu, PLH Kapolsek Tanggungharjo Polres Grobogan Iptu Ali Sofan mengatakan, organisasi yang digdaya ini telah membuktikan diri ikut bersinergi membangun bangsa sejak dulu.

BACA JUGA : Hari Kedua Rakernas IV PDIP: Ketua KPU-Influencer Jadi Narasumber

“Barisan Ansor Serbaguna itu sebuah organisasi yang sudah membuktikan dirinya ikut bersinergi di atas bumi Nusantara yang kita cintai. Oleh karena itu, kami mendukung apa yang menjadi tujuan mulia dari kegiatan ini,’’ kata Iptu Ali Sofan.

Iptu Ali Sofan, juga berharap para peserta untuk mengikuti diklatsar sampai selesai dan menjadi tauladan serta menularkan kebaikan kepada para pemuda pemudi di wilayahnya masing-masing.

Wakil Ketua PC GP Ansor Kabupaten Grobogan Ali Musyafak, yang juga hadir dalam acara itu menyampaikan, sebagai organisasi kader untuk menjadi anggota Banser harus mengikuti tahapan, salah satunya adalah pendidikan dan latihan dasar yang merupakan syarat awal.

‘’Tujuan dari diklatsar adalah dalam rangka perkuatan organisasi sesuai dengan fungsi Banser, menjaga ulama, menjaga kiyai, menjaga akidah Ahlusunnah, dan mempertahankan NKRI. Selain itu, dengan diadakannya diklatsar banser, saya berharap, banser eksis, banser solid, dan banser mampu menjadi garda terdepan untuk pertahanan NKRI,’’ kata Wakil Ketua PC GP Ansor Kabupaten Grobogan.

Beberapa materi yang akan disampaikan dalam diklatsar banser tersebut diantaranya yakni orientasi diklat, orientasi pengkaderan, ahlusunnah wal Jama’ah, dalil amaliayah dan tradisi keagamaan NU, fasholatan, ke-Indonesiaan dan kebangsaan, ke-Nahdlatul Ulamaan, organisasi dan kepemimpinan, teknologi informasi, ke-Ansor-an, pengenalan aturan organisasi GP Ansor, kearifan local, administrasi organisasi, rencana kerja tindak lanjut serta diakhiri dengan pembai’atan dan penutup.