Akibat Curah Hujan dan Penyumbatan Aliran Sungai, Kantor PC NU dan Dua Rumah Nyaris Terendam

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Diduga akibat hujan yang terus menerus mengguyur Sukabumi dan sekitar nya,  mengakibatkan Gedung Kantor PC NU dan Dua rumah milik warga  nyaris terendam.

Bencana Banjir yg menimpa Kantor PC NU tersebut, dan dua rumah milik warga,  masuk wilayah Desa Cisande dan Cijalingan Kecamatan Cicantayan Sukabumi.

Berdasarkan informasi yang di himpun, kejadian terjadi yang kedua kalinya, ucap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya kepada awak media, Senin (13/02/2023).

Dengan kejadian tersebut warga berharap adanya penanganan serius dari instansi terkait.

Serupa, warga lainya menuturkan, kemungkinan akibat curah hujan tinggi dan terus menerus mengguyur Sukabumi, terlebih adanya tumpukan sampah dan matrial kayu, hingga terjadilah adanya pengendapan air sungai Cijalingan berupa lumpur.

Untuk penanganan sementara warga  melakukan gotong royong sebagai antisipasi, sebelum adanya pembuatan penyaring sampah di depan sungai, tepatnya dekat kantor PC NU.

Melihat kondisi demikian, warga berharap adanya normalisasi sungai melalui pengerukan lumpur dan pelebaran sungai, kemudian pengawasan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Disebutkan warga, sebelumnya sudah dilaporkan atau koordinasi kepada pihak  BPBD dan Dinas PU Bidang Benglat. Namun warga mendapatkan informasi bahwa saat ini, kondisi alat berat BPBD mengalami kerusakan, dan alat berat milik  Dinas PU sedang berada di Surade.

Sementara itu, guna penanganan serius kami mohon bantuan kepada Dinas terkait untuk dapat membantu, agar tidak terjadi yang lebih parah kembali, dan tidak terjadi banjir, yang dapat merugikan warga lainya, pungkas Halimah di amini warga lainya.

Wahyu H/d2