Komisi I DPRD Kab.Sukabumi Bahas Evaluasi Perizinan Minimarket, Ini Hasilnya

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Komisi satu DPRD Kabupaten Sukabumi melaksanakan rapat dengan mitra kerja. Adapun yang hadir, DPTR , DPMPTSP, Satpol PP serta hadir pula pihak perwakilan pengusaha Mini Market.

Adapun acara di laksanakan di aula bidang SDA Dinas PU Kabupaten Sukabumi jalan pelabuhan 2 kota sukabumi, Senin (20/3/23).

Seperti diketahui, jajaran Komisi Satu DPRD Kabupaten Sukabumi, di ketuai oleh Paoji Nurjaman SE dari fraksi PDI Perjuangan.

Usai kegiatan acara Raker mitra kerja, Paoji Nurjaman menyampaikan,

Hari ini kita dari komisi satu rapat dengan mitra kerja, hadir perwakilan pengusaha mini market, membahas tentang evaluasi perijinan bagi pengusaha Mini Market.

Pertama jarak itu harus di sesuaikan dengan aturan dengan perundang-undangan yang berlaku, terus yang kedua sebelum mendirikan Mini market atau Alfamart di tempat itu harus ada kordinasi dengan DPTR, kendatipun pemerintah pusat itu sudah memberikan untuk pengusaha pengusaha yang akan inpes di kabupaten Sukabumi, tuturnya.

Lanjut Paoji, kaitan Alfamart dan Indomaret sekarang untuk ijinnya itu paling mudah di karenakan kebijakan pemerintah pusat seperti membuka ijin tinggal di buka di OSS ( Online Single Submission ), termasuk itu DPTR sudah ada linknya di karenakan hari ini mengecek itu kita susah, di karenakan itu bikin ijinnya langsung di OSS sendiri ” ungkap paoji “.

Berkaitan dengan perekrutan tenaga kerja di tiap mini market seperti alfamart juga indomart, ” kalau itu juga barusan di singgung kaitan untuk perekrutan tenaga kerja yang di kerja Indomaret dan Alfamart mereka itu welcome, atau silahkan, kalau misalnya berdiri Alfamart dan Indomaret dimana saja yang pertama di utamakan yang kerja di wilayah itu, tambahnya.

Adapun itu di alih fungsikan, lanjut paoji  misalnya di oper untuk meningkatkan SDM si pekerja tersebut jadi kadang kadang dari Cicurug di pindahkan ke Sagaranten dari Sagaranten pindah ke Cibadak, jadi orang yang melihat itu orang Cicurug padahal orang di sekitar juga bisa, jelasnya.

Di tempat yang sama H Badru Dudu anggota Komisi satu dari fraksi Gerindra menambahkan, “Kehadiran waralaba harus jelas, sebagai bentuk peningkatan PAD, dan Rekrutmen Pegawai sekitar yang menjadi Prioritas utama bagi warga sekitar, sehingga kehadiran Mini market bisa di rasakan manfaat nya buat masyarakat sekitar, ringkasnya.

Heri Setiawan/D2**