Rutinitas Patroli Tapal Batas, MMP Bersama Polhut di Kawasan TNGGP

|Reporter : Yaya Ubaedilah/Rahmat|

MATANUSA.NET BOGOR –

Kerjasama antara pihak pengelola kawasan konservasi dengan masyarakat lokal diyakini merupakan bagian yang penting untuk kelangsungan pengelolaan kawasan konservasi dalam jangka panjang. Kerjasama tersebut bisa diwujudkan dalam bentuk pelibatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan konservasi

Seperti halnya, Kami MMP (Masyarakat Mitra Polhut), melakukan rutinitas patroli  tapal batas di wilayah resort cimande bidang 3 wilayah bogor, bersama Polhut di kawasan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).

Hal tersebut dilakukan, baik para petugas, maupun MMP dan masyarakat  berkewajiban menjaga, melindungi dan merawat, dan ekosistem didalamnya, Ungkap petugas polhut Tugiman, Selasa (6/6/23).

Lanjut Tugiman, Pada dasarnya partisipasi yang dilakukan MMP berperan sebagai mitra Polhut yang mempunyai inisiatif sendiri dalam mengamankan kawasan hutan dibawah bimbingan dan binaan Polhut, Pungkasnya.

Untuk diketahui, kantor bidang kehutanan berlokasi di cisempur talang satu dan Kantor Resort Cimande Berada di kampung Cipare Desa Pancawati.

Pada kesempatan kegiatan di hadiri, Petugas Polhut dan jajaran, Kepala Resor (Kares) Desy Muliati, Ike, MMP (Masyarakat Mitra Polhut) yang diwakili oleh bapak idim sebagai (kadus) Desa lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Endang (ketua rt)  setempat, mas Frans Meo, dan dari tokoh masyarakat diwakili Burdan.