Mandiri dan Terus Berkembang, Pendaftar PKBM Perintis Ciambar Melonjak

Salah satu tempat ruang belajar di PKBM Perintis, Ciambar Sukabumi.
(Foto : matanusa.net/Koestopo).

Red/Koestopo

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Pendidikan Non Formal atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), merupakan pendidikan setara Formal seperti SD, SMP, SMA. Sebagai salah satu pusat pendidikan yang banyak membantu masyarakat. 

Seperti salah satu PKBM Perintis dibawah kepemimpinan Owin Sapiudin, yang berada di wilayah Kecamatan Ciambar, Sukabumi, selalu mengedepankan pendidikan dalam mengedepankan Sarana dan prasarana sekolah.

PKBM Perintis Ciambar, sampai dengan saat ini mengalami lonjakan yang sangat tinggi terkait wajib belajarnya. Tercatat lonjakan  wajib belajar sekira mencapai 777 pendaftar di tahun 2023, dengan lulusan di tahun 2023 sebanyak 224 lulusan wajib belajar. 

Kepada media matanusa.net, Ketua PKBM Perintis  Owin Sapiudin menjelaskan, PKBM yang ia kelola memiliki 5 tempat kegiatan. Dari kelima tersebut berada di berbagai wilayah, dengan jumlah 25 tutor aktif dalam memberikan pembelajaran kepada wajib belajar di hari Minggu, Kata Owin di ruang kerjanya, Selasa (1/8/23).

Masih dijelaskan, selain itu PKBM perintis membuka keterampilan komputer setiap Rabu dan Sabtu, serta keterampilan menjahit selama 3 bulan pada hari Senin sampai Jumat. 

“Kami memberikan pelayanan pendidikan kepada wajib belajar secara gratis, termasuk makanan satu kali sehari”.

Lanjutnya, banyak lulusan di PKBM perintis yang berhasil mendapatkan pekerjaan, termasuk di lingkungan pemerintah dan Dewan Legislatif. 

Kami mengucapkan selamat kepada para lulusan yang melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri dan perguruan tinggi, termasuk beberapa di antaranya yang berhasil melanjutkan studi ke negara Arab, tambahnya.

Terakhir, Owin berharap pendidikan yang ia kelola bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan memungkinkannya untuk menjadi mandiri, terutama dalam keterampilan menjahit dan komputer.

“Semoga kegiatan PKBM Perintis terus berkembang dan memberi manfaat bagi lebih banyak orang di masa depan” pungkasnya.