Sekda Ade Terima Laporan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024 dari BPS

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah (Sekda) Ade Suryaman menerima Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi, Moch. Solihin, dalam acara penyerahan Laporan Hasil Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 di Pendopo Sukabumi, pada Selasa (15/10/2024).

Moch. Solihin menjelaskan bahwa kegiatan EPSS merupakan langkah awal BPS sebagai pembina data statistik sektoral. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola data pemerintah guna menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pemerintah.

Lebih lanjut, Solihin menekankan pentingnya penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, sektoral, dan khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas. Kegiatan ini juga mendukung pencapaian sasaran Reformasi Birokrasi Nasional, yaitu menciptakan birokrasi yang bersih dan akuntabel. “Tujuan dari EPSS ini adalah mengukur capaian kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan data statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah,” jelasnya.

Sekda Ade Suryaman menyampaikan bahwa laporan dari BPS untuk tahun 2024 menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapatkan nilai 2,6, yang termasuk dalam kategori baik, dengan penilaian yang dilakukan terhadap Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A),” terangnya.

“EPSS merupakan proses penilaian sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral,” ungkap Sekda. Ia menambahkan bahwa evaluasi ini dilakukan untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik di Diskominfo Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Sekda berharap agar hasil penilaian pada tahun 2025 dapat lebih baik dibandingkan tahun 2024. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan kerjasama dan kolaborasi dari semua perangkat daerah di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, BPS menyerahkan secara resmi Laporan Hasil Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 kepada Sekda.

Pos terkait