Wabup Iyos Gaungkan Green Energy di IIGCE 2024: Kunci Keberlanjutan Masa Depan

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menghadiri acara The 10th Indonesian International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024 di Jakarta Convention Center, pada Rabu (18/9/2024). IIGCE, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API), merupakan salah satu acara tahunan terbesar dalam industri panas bumi yang melibatkan berbagai pihak termasuk Pemerintah, pelaku usaha, investor, BUMN, lembaga keuangan, asosiasi, akademisi, serta perwakilan negara sahabat.

Acara tahun ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Salah satu agenda penting dalam IIGCE 2024 adalah penandatanganan Kerjasama Konsorsium antara PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan PT PLN Indonesia Power untuk mengembangkan teknologi binary geothermal power plant dengan total kapasitas 230 MW dan investasi sebesar USD 535 juta.

Tema IIGCE 2024 adalah “Berdaya Bersama: Kesatuan Pemangku Kepentingan dalam Inovasi dan Akselerasi Panas Bumi,” yang mengharapkan kolaborasi antara semua pihak untuk membuka potensi penuh energi panas bumi,” ujarnya.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Wabup Iyos menekankan bahwa isu green energy harus menjadi dasar dalam pengembangan energi panas bumi. Menurutnya, pemanfaatan energi panas bumi harus ramah lingkungan dan mendukung pemberdayaan berkelanjutan,” tambahnya.

“Arahan Bapak Presiden menegaskan bahwa energi, terutama untuk industri di Indonesia, harus berbasis energi hijau dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Ia menambahkan bahwa pemanfaatan geothermal harus diintegrasikan dalam green economy dan green industry, serta dilakukan dengan perencanaan yang matang untuk memastikan keberlanjutan dan manfaat jangka panjang,” pungkasnya.