TP-PKK Jawa Barat Puji Inovasi UMKM Flamboyan Desa Pasirhalang di Lomba 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Tim Recheking dan Verifikasi Lomba 10 Program PKK dan Galeri Pelangi tingkat Jawa Barat 2024 mengunjungi Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, pada Selasa (17/9/2024). Kunjungan tersebut bertujuan untuk menilai kinerja UMKM Flamboyan yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Laksmi Purwanti, Ketua Pokja II TP-PKK Provinsi Jawa Barat, menyampaikan kekagumannya terhadap produk-produk UMKM Flamboyan. Produk seperti olahan belut, abon, kripik, dan dendeng dinilai sangat variatif serta mampu memberdayakan masyarakat.

Hj. Komalasari, Ketua UMKM Flamboyan, dalam paparannya menjelaskan bahwa sebagian besar penduduk di Sukaraja memiliki mata pencaharian di bidang perdagangan, pertanian, perkebunan, dan wirausaha kreatif. Oleh karena itu, pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi penting.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah turut membantu memasarkan produk hasil bumi, seperti produk perkebunan, pertanian, maupun kerajinan tangan yang diproduksi langsung oleh masyarakat,” ujar Komalasari.

Pada tahun 2024, UMKM Flamboyan berencana memperkuat promosi hingga ke mancanegara. Selain itu, mereka juga fokus pada peningkatan teknologi pemasaran, baik melalui pemasaran online maupun digital marketing, untuk mempermudah penawaran produk,” pungkasnya.

Di akhir acara, Ketua UMKM Flamboyan menyerahkan cenderamata yang diterima oleh Ketua Pokja II TP-PKK Provinsi Jawa Barat sebagai tanda apresiasi atas kunjungan tersebut.

Pos terkait