Gebyar SIPENYU: Inovasi Layanan Pajak dan Publik Terpadu di Sukabumi

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – GEBYAR SIPENYU (GErakan sadar membaYAR pajak dan retribusi melalui PElayanan rakYat terpadU) resmi diluncurkan di Komplek GOR Venue Tinju Palabuanratu pada Senin (26/08/2024). Gerakan ini bertujuan untuk mengintegrasikan layanan pajak dengan berbagai layanan publik lainnya, seperti pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, perizinan, KB, kartu pencari kerja, informasi lowongan, serta bazar produk UMKM bersama dinas koperasi, UKM, perindustrian, dan perdagangan.

“Pelayanan ini bersifat mobile, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan tanpa harus jauh-jauh pergi ke pusat kota,” ungkap Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri, saat acara peluncuran. Menurutnya, kegiatan GEBYAR SIPENYU akan bergerak ke berbagai kecamatan dan desa di Sukabumi sesuai jadwal yang disesuaikan dengan kegiatan Bupati.

Gerakan ini diharapkan menjadi budaya baru yang mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan langsung di tempat tinggal mereka. Herdy menjelaskan bahwa banyak wilayah di Sukabumi masih berada di area blank spot, dan masyarakat sering kali kesulitan membayar pajak bukan karena ketidakmampuan, tetapi karena jauhnya jarak dan keterbatasan fasilitas pelayanan.

“Kedepan, kegiatan ini akan sangat dinantikan masyarakat karena menyediakan berbagai layanan, termasuk pelayanan kesehatan gratis dan administrasi kependudukan,” tambah Herdy.

Untuk pelayanan online, Bapenda telah menyediakan layanan melalui WA Boot Sistem Manajemen Aplikasi Rakyat Terpadu (SMART Bapenda) yang dapat diakses di nomor +62 857-9888-8110, memungkinkan masyarakat mencetak SPPT dan melakukan transaksi pajak secara mandiri.

“Manfaatkan juga Bebas Denda Pajak mulai 1 Agustus hingga 30 September 2024,” kata Herdy.

Selain layanan, acara ini juga mengadakan pengundian hadiah umroh bagi masyarakat yang telah melunasi PBB hingga 17 Agustus kemarin, serta pembebasan denda pajak hingga 30 September mendatang. Suasana haru mewarnai pengundian hadiah umroh, di mana para penerima hadiah, termasuk beberapa kepala dusun dan warga, tak mampu menahan air mata bahagia.

Berikut adalah nama-nama penerima hadiah umroh:

Kepala Dusun:

  • Piatman Gunawan.
  • M. Yusup Reyan Fauzillah
    Royadin.
  • Juanda.
  • Ade Kurniawan.

Masyarakat:

  • Usep.
  • B Kudin.
  • Mak Eno Dudun Khumaeroh
    Kimar.
  • B Kohim.
  • Perawati.

GEBYAR SIPENYU diharapkan menjadi solusi efektif untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat dan meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak di Sukabumi.

Pos terkait