Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Membuka Kegiatan PKU Akbar 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, secara resmi membuka kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar 2024 di Grand Sulanjana, pada Kamis (18/07/2024). Acara yang digagas oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Sukabumi ini dihadiri oleh sekitar 500 nasabah.

Dalam pidatonya, H. Marwan mengajak semua pihak untuk mengembangkan pola pikir kewirausahaan. Menurutnya, masyarakat tidak boleh hanya terpaku pada pekerjaan sebagai pegawai atau pekerja semata. “Janganlah mendorong anak untuk menjadi pegawai atau pekerja saja. Buatlah terobosan agar anak kita mau jadi pengusaha,” katanya.

Marwan juga menekankan bahwa saat ini masyarakat memiliki kemudahan akses dalam memulai usaha, baik dari sisi perizinan maupun permodalan. “Permodalan ada PNM. Izin usaha sekarang bisa dengan mudah diakses lewat OSS (sistem perizinan berusaha terintegrasi),” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi PT. PNM yang memberikan edukasi bagi UMKM, khususnya para ibu-ibu. “PNM memiliki modal usaha dan edukasi, tinggal kemauan saja,” ucapnya.

Marwan menambahkan bahwa ketika usaha berkembang, dapat diwariskan kepada anak-anak, dan usaha tersebut juga dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja. “Ketika usaha berkembang, bisa diserahkan ke anak. Makanya, anak-anak diajarkan berusaha. Selain itu, masyarakat sekitar terbantu juga dengan adanya lapangan kerja,” ungkapnya.

Marwan menyatakan dukungannya terhadap program yang diinisiasi oleh PNM. “Semoga program ini berjalan sukses dan memberikan dampak positif serta kesejahteraan bagi keluarga,” harapnya.

Sementara itu, Pemimpin PT. PNM Cabang Sukabumi, M. Resya Apriansyah, mengatakan bahwa pihaknya memberikan tiga jenis modal untuk nasabah, yaitu modal finansial, sosial, dan intelektual. “Jadi selain modal berupa uang, kita memberikan akses atau jejaringnya, dan pelatihan,” bebernya.

Resya juga menambahkan bahwa PT. PNM mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting dengan program ketahanan pangan, menanam ribuan pohon, serta peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan mangrove. “Kami ada program ketahanan pangan dengan menanam ribuan pohon. Termasuk kami juga peduli terhadap lingkungan lewat mangrove,” terangnya.

Ia berterima kasih kepada Pemda atas sinergitas yang terjalin dengan PNM Cabang Sukabumi. “Semoga terus terjalin sinergitas yang baik ini,” pungkasnya.

Pos terkait