Wabup Iyos Hadiri Penandatanganan Kerjasama, Keamanan Pangan IFSR di Warungkiara

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menghadiri acara penandatanganan kerjasama antara Deputi Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional dengan Ketua Indonesian Food Security Review (IFSR), pada Selasa (4/6/2024) di SDN 3 Warungkiara, Kecamatan Warungkiara.

Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Pangan Nasional, Andriko Noto Susanto, menegaskan bahwa program ini merupakan bentuk nyata kehadiran dan ikhtiar negara untuk mempersiapkan generasi emas yang sehat, kuat, cerdas, dan berdaya saing.

“Sejak awal, pendekatannya adalah pada kecukupan asupan gizi dan nutrisi, jadi tidak akan ada perubahan menu yang signifikan. Namun, tentu akan bervariasi sesuai dengan kearifan dan ketersediaan pangan lokal,” ungkap Andriko. Menurutnya, ini merupakan langkah nyata promosi diversifikasi pangan pada generasi muda sekaligus sebagai bagian dari upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

Jumlah anak yang mendapatkan program Makan Enak Gratis Bergizi ini sebanyak 112 siswa di SDN 3 Warungkiara.

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menjelaskan bahwa penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan dengan Yayasan Indonesia Food Security Review (IFSR). “Dengan kerjasama yang dilakukan hari ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup anak-anak. Melalui program makan gratis, setiap anak akan memiliki akses terhadap makanan sehat dan bergizi,” terang Iyos.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, lanjutnya, sangat mendukung dan berterima kasih kepada Yayasan Indonesia Food Security Review (IFSR) yang telah menjalankan proyek percontohan makan gratis bergizi di 15 sekolah se-Kabupaten Sukabumi. “Kolaborasi antara Badan Pangan Nasional yang mewakili Pemerintah Pusat dan IFSR sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat, beserta para pemangku kepentingan yang sejalan, diyakini akan membuka peluang besar untuk meningkatkan akses terhadap pangan berkualitas, peningkatan keamanan pangan, dan hasil gizi untuk generasi muda Indonesia,” jelasnya.

Acara tersebut juga diisi dengan penandatanganan kerjasama antara Deputi Keanekaragaman Konsumsi Pangan dengan Ketua Indonesian Food Security Review (IFSR), yang disaksikan oleh Wakil Bupati Sukabumi. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian plakat dari Badan Pangan Nasional kepada Wakil Bupati Sukabumi.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi dan Camat Warungkiara.

Pos terkait