UPTD PU Jampangkulon Lakukan Pemasangan Bronjong, di Lokasi Longsor Kadaleman Surade

Dinas (UPTD) Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi telah melakukan kegiatan pemasangan bronjong di lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng. (Foto: Ist).

Matanusa, Sukabumi – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi telah melakukan kegiatan pemasangan bronjong di lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng, Sta 3+800, Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.

Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi Abdullah, S.IP., M.Si, menjelaskan bahwa bencana longsor terjadi pada tanggal 25 Januari 2024 karena curah hujan tinggi. Longsor tersebut mengakibatkan bahu jalan longsor dan badan jalan rusak dengan panjang 25 meter dan tinggi 3 meter, menyebabkan akses terputus bagi warga Desa Kadaleman dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, melalui kegiatan pemasangan bronjong, kami berupaya memperkuat struktur tanah di sekitar tebing untuk mencegah terjadinya longsor kembali dan memastikan keamanan bagi pengguna jalan,” ujar Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon pada Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, pelaksana kegiatan ini dilakukan oleh pihak ketiga, yakni CV. Berkah Abadi, dengan anggaran dari APBD Kabupaten Sukabumi sebesar Rp 185 juta. Pekerjaan bronjong dilakukan secara cermat untuk memastikan kekuatan dan stabilitas struktur serta penggunaan material yang berkualitas,” tambahnya.

“Dengan progres pengerjaan yang sudah mencapai 70 persen, kami optimis pekerjaan ini akan selesai tepat waktu. Kami juga memastikan bahwa pekerjaan dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” pungkasnya.

Pemasangan bronjong diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi risiko longsor di wilayah tersebut, serta memastikan kelancaran arus transportasi bagi masyarakat sekitar.

Pos terkait