Vinales Sempat Ragu Bisa Finis Karena Alami Masalah Teknis

Maverick Vinales dari Spanyol dan Aprilia Racing melewati tikungan saat MotoGP Of The Americas - Sprint pada 13 April 2024 di Circuit of the Americas di Austin, Texas.

MATANUSA, JAKARTA РPembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales sempat mengalami keraguan untuk bisa finis karena mengalami masalah teknis di bagian gearbox yang tidak berfungsi normal saat enam lap tersisa pada balapan MotoGP Grand Prix Amerika.

Vinales akhirnya keluar sebagai yang tercepat usai terjadi insiden jatuhnya pembalap Gresini Racing, Marc Marquez yang memimpin posisi terdepan di sepuluh lap terakhir.

“Dari lap keenam saya bisa mengatakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan gearbox. Saya kehilangan banyak waktu di lintasan lurus…Bagaimanapun, saya senang karena saya tahu bahwa saya memberikan kemampuan saya sebesar seratus persen,” kata Vinales dikutip dari laman Aprilia Racing, Senin.

“Akhir pekan ini tim kami mengambil langkah besar ke depan. Kami mendapatkan kecepatan kami kembali dan kami menunjukkan bahwa motor RS-GP24 bisa menang. Sekarang kita akan menuju ke sirkuit di Austin, trek yang saya sukai dan di mana saya akan tiba lebih termotivasi dari sebelumnya,” tambah pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut.

Vinales finis dengan catatan waktu 41 menit dan 9,503 detik unggul dari pembalap Red Bull Gasgas Tech3, Pedro Acosta yang mengunci posisi kedua. Sedangkan podium terakhir ditempati oleh pembalap Ducati Lenovo, Ernea Bastianini.

Lalu di posisi keempat bercokol pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin dan posisi kelima ditempati oleh juara bertahan, pembalap Ducati Lenovo, Francesco “Pecco” Bagnaia.

Kemenangan ini membuat Vinales menjadi satu-satunya pembalap yang menjadi juara dengan tim berbeda usai sebelumnya pernah menjadi juara dengan tim Suzuki dan Yamaha.

Dengan kemenangan ini juga membuat Vinales kini semakin memanaskan perburuan gelar juara MotoGP dengan menempati peringkat ketiga usai mengoleksi 56 poin atau selisih tiga poin dari Enea Bastianini yang berada di urutan kedua. Sedangkan itu, puncak klasemen sementara masih ditempati oleh Jorge Martin yang telah mengoleksi 80 poin.

Dilansir dari laman MotoGP, Senin, berikut klasemen sementara sepuluh besar pembalap MotoGP 2024:

1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) – 80 poin
2. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) – 59 poin
3. Maverick Vinales (Aprilia Racing) – 56 poin
4. Pedro Acosta (Red Bull Gasgas Tech 3) – 54 poin
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) – 50 poin
6. Brad Binder (Red Bull KTM) – 49 poin
7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) – 39 poin
8. Marc Marquez (Gresini Racing) – 36 poin
9. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduru VR 46) – 25 poin
10. Jack Miller (Red Bull KTM) – 22 poin

Pos terkait