Badai Petir Menghantam Desa Mekarjaya: Rumah Ato Rusak Parah di Sukabumi

Tampak rumah milik Ato warga Kp. Sorogol, Desa Mekarjaya, RT.001/RW.004, Kecamatan Kabandungan, mengalami kerusakan parah akibat sambaran petir yang dashyat. (Foto: R. Iyan Satria).

Matanusa, Sukabumi – Cuaca ekstrem menghantam Kabupaten Sukabumi beberapa hari terakhir, memicu kekhawatiran di kalangan warga, pada Jumat (26/4/2024). Sebuah kejadian tragis terjadi di Kp. Sorogol, Desa Mekarjaya, RT.001/RW.004, Kecamatan Kabandungan, saat rumah milik Ato tersambar petir pada Kamis 25 April 2024 pukul 22:28 WIB malam.

Akibat sambaran petir yang dahsyat, rumah korban mengalami kerusakan parah. Tembok dan kaca jendela hancur, atap rumah berantakan, bahkan meteran listrik di dalam rumah rusak akibat tersambar petir.

“Saat kejadian, pemilik rumah sedang beristirahat dan mengingatkan kepada anaknya untuk memutus semua aliran listrik, akan tetapi sambaran petir masih menyambar rumahnya, sehingga rumah korban mengalami kerusakan parah. Alhamdulillah tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut,” ujar Ato.

Menurut Sapru, seorang tetangga korban, “Hujan deras disertai petir sangat mengerikan. Petir juga mengenai beberapa pohon di sekitar rumah korban, dan rumah Pak Ato porak-poranda, tembok roboh, dan beberapa kamar rusak parah,” terangnya.

Kepala Desa Mekarjaya, Soleh Komarudin, membenarkan kejadian tersebut. “Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil yang ditimbulkan sangat besar. Kami menghimbau warga untuk lebih waspada saat hujan deras dan petir,” kata Soleh.

Soleh menekankan perlunya mengambil langkah pencegahan saat cuaca buruk. “Kami menyarankan agar warga tidak menyalakan peralatan elektronik dan mencabut kabel yang terhubung dengan stop kontak untuk menghindari risiko tersambar petir,” pungkasnya.

Pos terkait