Kenaikan Harga Beras Picu Perhatian Sekda Sukabumi

Foto: Doc. Pemkab Sukabumi.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, SH., MM., melakukan monitoring pasar di Pasar Modern Palabuhanratu, pada Senin (12/03/24) untuk mengecek harga-harga bahan pokok hasil pemantauan menunjukkan adanya kenaikan harga terutama pada beras.

“Saat ini kita cek lapangan, terutama di Pasar Pelabuhan Ratu karena ada kenaikan harga beras setelah rapat terkait inflasi daerah. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Sukabumi, tapi juga di daerah lain akibat cuaca kemarau beberapa waktu lalu,” jelas Sekda.

Menurut Ade Suryaman, kemarau yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan gagal panen, membuat beras langka. “Saat ini terjadi kenaikan harga beras karena musim kemarau yang menyebabkan gagal panen. Beberapa beras diambil dari luar, misalnya dari Demak, sehingga harga naik rata-rata sekitar 2 ribu. Harga beras yang biasanya 11.000 kini berada di posisi 13.000,” ungkapnya.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk stabilisasi harga bahan pokok, terutama beras. “Kita akan terus berupaya untuk menstabilkan harga bahan pokok, khususnya beras yang saat ini terus mengalami kenaikan. Sudah dilakukan koordinasi dengan Bulog untuk terus mendistribusikan beras ke wilayah kita,” tambahnya.

Pos terkait