Hari Gizi Nasional, Kesehatan RSUD Palabuhanratu Talkshow Radio RCL 95.7 FM Sukabumi

RSUD Palabuhanratu Talkshow Radio RCL 95.7 FM Sukabumi, Peringatan Hari Gizi Nasional 2024.

Matanusa, Sukabumi – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi menjadi narasumber dalam Talkshow Kesehatan bersama Radio RCL 95.7 FM Sukabumi, pada Kamis (25/01/24).

Talkshow tersebut, yang bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2024, menghadirkan dr. Kholisah Nasution, MPIH., Sp.A, dokter spesialis Anak RSUD Palabuhanratu, dan Endah Reka Dewi, A.Md.Gz, Ahli Madya Gizi.

Fokus utama pembahasan adalah stunting atau gagal tumbuh kembang pada anak, yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan gizi. Dr. Kholisah menjelaskan bahwa pencegahan stunting menjadi hal yang sangat penting, terutama selama 1000 hari pertama kehidupan anak.

“Ketidakpahaman orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi anak di masa emas tumbuh kembang menjadi faktor utama dalam stunting.”

Menurut Endah Reka Dewi, pencegahan stunting sebaiknya dimulai sejak seorang perempuan berusia remaja dan sebelum menjadi ibu, karena gizi seorang ibu memengaruhi perkembangan anak di masa mendatang, juga menekankan pentingnya memantau perkembangan anak sejak dini terutama saat anak mulai mengkonsumsi MP ASI pada usia 6 bulan,” tuturnya.

“Ia juga mendorong orang tua untuk terus memantau perkembangan anak-anaknya melalui konsultasi dengan para ahli, seperti melalui Posyandu, dokter anak, bidan, atau dengan memanfaatkan informasi tentang ciri-ciri dan cara pencegahan stunting yang tersedia melalui internet,” pungkasnya.

Dr. Kholisah menutup kegiatan dengan mengimbau peran penting orang tua dalam memantau pertumbuhan fisik anak dan memberikan nutrisi yang seimbang, dan pemberian makanan kepada anak bukan hanya kebutuhan fisik, tetapi juga pendidikan untuk anak membantu mereka mengenal tekstur, rasa, dan preferensi makanan.

Pos terkait