Buntut dari Rasa Kecewa dan Kesal Warga Segel Kantor Desa Cihamerang, Ini Jawaban Camat Kabandungan


R.Iyan Satria

MATANUSA.NET SUKABUMI-

Ratusan Warga Desa Cihamerang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jum’at (01/12/23). 

BACA JUGA : Kantor Desa Cihamerang Sukabumi Di Segel Warga, Ada Apa?

Aksi ini dipicu oleh kekecewaan warga terhadap ketidakhadiran Kepala Desa, yang dijanjikan akan memberikan klarifikasi terkait realisasi Dana Desa (DD) dan bonus produksi dari PT. Star Energy Geothermal Salak Pratama Ltd Kabandungan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun matanusa.net bahwa, peristiwa tersebut bermula atas kekecewaan masyarakat karena Kepala Desa tidak memenuhi janjinya. Meskipun Kepala Desa absen dengan alasan panggilan rapat dari DPMD Sukabumi, warga merasa terabaikan dan akhirnya menyegel Kantor Desa sebagai bentuk protes.

Hendra warga sekitar, menekankan bahwa situasi masih bisa dimusyawarahkan jika Kepala Desa memberikan penjelasan yang memuaskan.” Ia berharap agar masalah ini segera diselesaikan, mengingat Kantor Desa merupakan pusat pelayanan publik yang tidak boleh terhambat oleh konflik internal,” terangnya.

Di tempat yang sama Camat Kabandungan, Yuki Ramdan Priana, S.STP., M.AP., menyatakan bahwa ada tahapan yang harus ditempuh untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” ungkap Yuki kepada Masyarakat.

Hingga saat ini, Warga dapat menunggu Kepala Desa agar memberikan penjelasan yang memadai untuk meredakan ketegangan ini,” pungkasnya.