Dibutuhkan Alat Modern, Kadistan ” Percepat Pengolahan Produksi Pertanian “

Redaksi

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Bulan November ini sudah memasuki musim penghujan, kendati kondisi mulai turun hujan namun frekuensinya belum tinggi.

Menghadapi musim hujan yang sangat ditunggu belakangan ini, petani sudah mulai menyiapkan lahan untuk menanam.

Penggunaan alat dan mesin pertanian yang modern sangat membantu percepatan proses pengolahan produksi pertanian, ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuti Harahap, Senin (20/11/23).

Masih dikatakan, salah satu alat pertanian yang umum dan paling sering digunakan oleh petani, adalah Traktor. Fungsi traktor sekarang telah menggantikan fungsi tenaga hewan seperti sapi dan kerbau dalam pengolahan tanah.

Lebih jauh, dengan mengolah lahan untuk budidaya aneka tanaman hortikultura di areal yang luas dan relatif datar, dipastikan membutuhkan mesin pembajak tanah atau traktor dengan spesifikasi yang tepat. 

Hal ini lah yang dilakukan oleh Poktan Tani Mandiri, Desa Cibadak, Kecamatan Pabuaran ketika mengolah tanah untuk mulai menanam cabai, dengan mengoptimalkan bantuan alsin berupa traktor roda empat, tambahnya.

Semoga dengan mekanisasi ini harapannya dapat menambah efisiensi waktu, tenaga dan biaya bagi petani, terlebih dapat menjadi solusi akan langkanya tenaga kerja di sektor pertanian, pungkasnya.