Terangi Desa, Puluhan Warga di Grobogan Dapatkan Bantuan Pasang Baru Listrik

Ari Nugroho/Red

MATANUSA.NET GROBOGAN –

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali memberikan bantuan penerangan listrik gratis.

Kali ini sebanyak  kurang lebih 676 rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Grobogan mendapat bantuan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Dalam kegiatan ini, peresmian dan penyalaan pertama Program BPBL Kabupaten Grobogan dilaksanakan di Desa Pengkol Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan, Minggu (15/10/2023).

“Ini merupakan wujud hadirnya negara di tengah masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan penerangan listrik,” kata Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan yang dalam hal ini diwakili Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Grobogan Kompol Sudarto.

Sementara itu, Bupati Grobogan yang pada kesempatan tersebut diwakili Asisten 2 perekonomian dan perencanaan Heru Dwi Cahyono menyampaikan, bantuan ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Grobogan.

BACA JUGA : Terpilih, Kak Ade Lantik Pengurus Pusdiklatcab Mandala Wirabuana

‘’Salah satunya adalah menerangi Desa yang belum berlistrik,’’ ujar Heru.

Heru Dwi Cahyono juga menyampaikan terimakasihnya kepada PLN dan Kementrian ESDM atas kerjasamanya dalam penyambungan listrik untuk masyarakat.

‘’Semoga kedepan lebih banyak penerima manfaat program BPBL,’’ ungkap Heru.

Pada program BPBL ini, penerima manfaat mendapatkan bantuan berupa instalasi listrik rumah 3 titik lampu dan 1 stop kontak, pemeriksaan dan pengujian instalasi sertifikat laik operasi (SLO) 900 VA serta penyambungan ke PLN biaya penyambungan (BP) pelanggan daya 900 VA.

‘’Kemudian juga mendapatkan token perdana sebesar Rp 100ribu,’’ pungkasnya.