Rakornas P2DD, Bupati : Melalui Rakornas Perhatian Bagi Tiap OPD

Steven/Koestopo

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) yang bertempat di Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (03/10). 

Kegiatan yang digelar di gelar oleh Kemenko Bidang Perekonomian RI ini mengambil tema”Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah Untuk Indonesia Maju”.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam pidatonya secara daring menyampaikan bahwa indikator ekonomi Indonesia sampai saat ini masih menunjukkan prospek yang baik meski di tengah situasi ekonomi global yang penuh ketidakpastian.

Perekonomian nasional tumbuh di atas 5 persen selama 7 kuartal berturut-turut, di mana pada triwulan II tahun 2023 mencapai 5,17 persen year on year, kata Wapres.

Oleh karena itu, dalam menjaga momentum menuju Indonesia Maju, Indonesia membutuhkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 6-7 persen. Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut dapat dilakukan melalui penguatan teknologi digital.

BACA JUGA : Bakal Gali Potensi Setiap Dinas, Pemkab Sukabumi Raih Juara III Kompetensi Inovasi Jabar 2023

Ia mengatakan inovasi transaksi keuangan daerah berbasis digital akan berimplikasi pada peningkatan pendapatan asli daerah, transparansi, akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta pelayanan publik.

Sementara itu ditemui seusai kegiatan, Bupati Sukabumi menekankan agar hasil dari rakornas ini dapat menjadi perhatian bagi OPD yang ada di Kabupaten Sukabumi dan segara menindaklanjuti hasil dari Rakornas ini.

“saya tekankan kepada para kepala OPD agar segera menindak lanjutinya serta dalam pelaksanaanya hasil rakornas ini dapat di percepat dan dapat selesai di tahun 2023. ” tegas Bupati. 

Bupati berharap agar para kepala OPD dapat memberikan inovasi – inovasi di lapangan yang bisa di pakai sebagai acuan untuk percepatan penerapannya.

“Dengan demikian maka Rotasi kebijakan dan kecepatan informasi akan semakin mudah untuk di pakai sebagai dasar kebijakan” ungkap Bupati. 

Rakornas sebagai forum tertinggi koordinasi percepatan dan perluasan digitalisasi daerah nantinya akan dipimpin oleh Bapak Presiden dan akan diikuti oleh Menteri/Pimpinan Lembaga Anggota Satgas P2DD.