PSE UGM Kunjungi Sukabumi, Bupati Paparkan Beberapa Potensi Energi di Wilayah

D2/Koestopo

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan berbagai potensi energi di wilayahnya kepada tim pelaksana riset dari Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada (PSE UGM) di Pendopo, Senin, 30 Oktober 2023. Apalagi kehadiran tim pelaksana riset dari PSE UGM ini, menyusun kajian penyediaan kerangka kebijakan untuk mendukung program Just Energy Transition Partnership(JETP). Di mana, studi kasusnya di Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Kadin Kab. Sukabumi Gelar Audiensi, Sekda Dengar Ekspose dan Paparan Program Kerja

Menurut H. Marwan, Kabupaten Sukabumi yang memiliki tagline gunung, rimba, laut, pantai, sungai, dan seni-budaya (Gurilapss) ini, banyak potensi energi. Hal itu seperti panas bumi yang berada di sekitar Kecamatan Kabandungan dan Cisolok. Air di Warungkiara, angin di Ciemas, hingga gelombang air laut.

“Dengan daerah luas dan alam yang luar biasa, kita memiliki banyak potensi energi,” ujarnya.

Meskipun, baru beberapa potensi energi yang dimanfaatkan. Sementara sejumlah potensi lainnya masih proses pengkajian.

“Panas bumi di Kabandungan dan air di Warungkiara sudah dimanfaatkan, sebagian ada yang masih proses pengkajian ataupun pemanfaatan,” ucapnya.

Selain itu, masih banyak potensi energi lain yang dapat dimanfatkaan.Hal itu seperti etanol, biogas, hingga surya. Berbagai potensi yang ada itu, pada akhirnya untuk mengganti sumber energi yang tidak ramah lingkungan.

“Di kita ada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) yang menggunakan batubara. Ke depan, penggunaan batubara harus dihilangkan. Sedari sekarang, sudah mengurangi dengan memanfaatkan bahan lain yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Bahkan PLTU di Kabupaten Sukabumi sendiri, sekitar 10-20 persen telah mengurangi batubara. Hal itu digantikan dengan briket yang berasal dari limbah kayu hingga sekam padi.

“Pasokan briket ke PLTU tersebut, melibatkan masyarakat sekitar melalui UMKM ataupun yang lainnya,” terangnya.

Maka dari itu, H. Marwan bersyukur hadirnya tim PSE UGM ke Kabupaten Sukabumi. Dirinya berharap, hasil kajiannya di Sukabumi bisa menjadi gambaran dan masukan agar wilayahnya lebih baik lagi.

“Semoga hasil dari kajian dari UGM ini, bisa menjadi catatan bahkan kebijakan kami ke depannya,” harapnya.