Dalam Pembukaan ICEF, Wabup Iyos Tekankan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Optimalkan

D2/Steven DJ 

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri berpesan kepada perangkat daerah terkait  penguatan penggunaan produk dalam negeri agar semua menggunakan E Katalog dengan produk lokal, dan APBD harus masuk untuk belanja produk dalam negeri.

Hal ini ditegaskan Wabup saat Menghadiri Pembukaan Rangkaian Acara Temu Bisnis Tahap Ke Enam Yang Terintegrasi Dengan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) 2023 yang mengusung  tema “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri, Wujudkan Kemandirian Bangsa”. Bertempat di Grand Ballroom, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (3/8).

“Kita harapkan belanja APBD bisa mencapai 60 hingga 70 persen digunakan untuk pemanfaatan belanja dalam negeri” ungkapnya.

Bahkan proses pengadaannya harus melalui aturan yang sesuai dengan kondisi real sekarang dan E Katalog yang diutamakan.

“jadi kita harus bangga dengan produk dalam negeri dan menggunakan produk dalam negeri” ungkapnya.

Diketahui Temu Bisnis dan  ICEF merupakan kerjasama antara Kementerian Keuangan, Kemenkum HAM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan KADIN, untuk memfasilitasi pertemuan antara instansi pengguna Produk Dalam Negeri (Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta BUMN) dengan pelaku usaha industri dalam negeri guna mencapai kesepakatan dari sisi  supply dan demand atas kebutuhan dan pengadaan Produk Dalam Negeri.