Lebaran Betawi, Warga Mulai Padati di Kawasan Selatan Monas

MATANUSA.NET JAKARTA –

Hari pertama acara Lebaran Betawi di kawasan Selatan Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (20/5) mulai dipadati warga.

jadi saya kenalin ke mereka budaya Betawi

Berdasarkan pantauan di lokasi, warga terus berdatangan untuk menyaksikan sejumlah atraksi seperti penampilan seni Betawi, Gambang Kromong, Tanjidor hingga atraksi bedug.

Wahyuni (36), bersama suami dan kedua anaknya, mengaku sengaja menghabiskan waktu libur akhir pekan dengan mendatangi lokasi acara Lebaran Betawi sekaligus keliling Monas. Wahyuni mengaku sengaja mengajak kedua anaknya untuk memperkenalkan budaya dan kesenian Betawi melalui acara ini.

“Kebetulan saya ada keturunan Betawi, anak juga belajar kesenian di sekolah, jadi saya kenalin ke mereka budaya Betawi. Lebih ke mau lihat keseniannya, budayanya. Sama anak juga mau liat ondel-ondel,” ujar Wahyuni, warga Cakung, Jakarta Timur.

Lebaran Betawi bukan hanya menarik perhatian pengunjung berusia dewasa, tetapi juga kalangan remaja, salah satunya Jihan (18) warga Ciganjur, Jakarta Selatan.

Jihan mengaku antusias setiap kali ada acara yang mengusung atau kental dengan budaya Betawi. Menurutnya, melalui acara Lebaran Betawi ini warga tersosialisasi, teredukasi dan tentunya mendukung pelestarian budaya Indonesia, khususnya Betawi.

“Karena mau tahu kebudayaan kita sendiri, lihat kesenian dengan alat musiknya, ciri khasnya dan makanan khas Betawi. Mari kita meriahkan Lebaran Betawi, ini bentuk kita melestarikan budaya. Kenali, dalami dan lindungi,” tandas Jihan.

|Redaksi/BJ|