Penguatan Kapasitas Peran Humas Pemerintah, Diskominfo Jabar Gelar IKP Talks PR Summit

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Sebagai upaya penguatan kapasitas dan peran organisasi profesi humas pemerintah, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Talks: Public Relation (PR) Summit di Hotel Novotel Bandung Jl. Cihampelas No.23 Kota Bandung, Sabtu (8 Oktober 2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema, “Pentingnya Organisasi Profesi dalam Kegiatan Kehumasan Pemerintah”. Perhelatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Road to West Java Festival 2023.

Tak hanya instansi tingkat provinsi, seluruh Dinas Komunikasi Informatika dari Kabupaten/Kota se Jawa Barat juga mengikuti acara IKP Talk tersebut. Diskominfo Kab. Sukabumi diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Hendra Setiawan.

Tampak Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kabupaten Sukabumi, Hendra Setiawan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jabar, Dr. Ika Mardiah, M.Si. dalam sambutannya mengatakan untuk memudahkan komunikasi dan sinergitas kehumasan dan diseminasi informasi maka telah dibentuk Grup Kominfo Indonesia

“Hal itu untuk memudahkan kita dalam menyebarluaskan informasi, tentu didalamnya ada upaya untuk meningkatkan kualitas kehumasan, yang pada prakteknya seluruh pranata humas merupakan mitra kerja inspektorat jenderal informasi komunikasi publik” paparnya

Ika Mardiah berharap acara IKP Talk sebagai langkah awal untuk meningkatkan kerjasama strategis dibidang komunikasi antar Humas di Provinsi Jawa Barat.

Usai mengikuti acara, Kabid IKP diskominfo Kab. Sukabumi, Hendra Setiawan mengatakan kegiatan IKP Talk memiliki arti dan peran penting dalam peningkatan kualitas layanan informasi publik.

” peran humas memiliki peran penting untuk memenuhi hak masyaralat atas informasi, bukan saja hal itu diamanatkan UU, tetapi juga untuk menguatkan sistem kolaborasi dalam antara pemerintah dengan masyarakat dalam pembangunan” terangnya.

Hendra juga mengapresiasi atas pelaksanaan acara bertema PR Summit itu, Menurutnya sinergitas antar pranata kehumasan khususnya di Jawa Barat akan mendukung layanan informasi berkualitas, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

” dengan kebersamaan, pelaksana kehumasan di jawa barat bisa saling bertukar informasi yang pastinya sangat bermanfaat bagi semua,apalagi prinsif layanan kehumasan di era digital sekarang harus menarik, cepat, akurat dan komprehensif” pungkasnya.

Reporter : Red/R.Iyan S