Siapa Sangka, Usaha Rumahan Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan

Foto Ilustrasi. 

SUKABUMI matanusa.net –

Tren atau budaya minum kopi memang sedang menjamur di Indonesia, terutama di kalangan anak muda sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan saat ini, hanya dengan bermodalkan kopi saja bisa mencapai pangsa pasar yang besar.

Siapa sangka berawal dari keisengan sang owner (Rival Akbar) yang menjual kopi dan boba di online, saat ini sudah berkembang pesat hingga mempunyai bisnis coffe & resto di Jalan Salabintana, Sukabumi.

“Awalnya sih cuma iseng-iseng nyoba jualan kopi dan boba di online, lama kelamaan karena pesanan meningkat sehingga omzet pun jadi ikut meningkat, akhirnya saya dan istri mulai mengembangkan supaya bisa jadi bisnis offline juga”. Ungkap Rival Akbar selaku owner The Sugarbooger X Sera coffe. (5/03/2022). 

Ia mengungkapkan bahwa mulai berani membuka kedai offline, dikarenakan permintaan pelanggan dan juga karena cita rasanya yang khas yang sudah dikenal oleh banyak orang sejak ia berjualan di online store. Sehingga saat ini, pelanggan yang datang ke kedainya kebanyakan adalah pelanggan lamanya.


Usaha ini saat baru berdiri, hanya berjualan kopi dan boba dengan nama Sera Coffe, namun semenjak perkembangan yang pesat hingga bisa membuka usaha offline, ia menambahkan nama menjadi The Sugarbooger X Sera Coffe. Karena bisnisnya tidak hanya menjual kopi dan boba saja, tetapi sudah merambah ke bidang restoran. Rival menyatakan enggan menghilangkan nama Sera Coffe yang sudah melekat dan membuat usahanya terkenal hingga sekarang.

Suasana ruangan lain dalam The Sugarbooger X Sera Coffe

Tak disangka, usaha rumahan dengan offline store miliknya bisa mencapai omzet kisaran antara 50 juta – 100 juta rupiah per bulannya, dan bisa berada sampai ditahap ini.

Perjalananannya untuk mencapai ini semua tentunya tak luput dari usaha kerja kerasnya, serta doa yang tak henti-hentinya ia panjatkan ke Tuhan Yang Maha Esa.

Hambatan dalam mencapainya pasti ada, seperti kompetitor sejenis yang menawarkan beberapa keunggulan dari produknya, atau bahkan masalah-masalah internal dengan pegawainya. Namun baginya, keberhasilan sebuah usaha itu bisa digapai apabila kita yakin dan tekun dalam menjalaninya. Jujur juga merupakan kunci untuk meningkatkan suatu usaha.


Setiap bisnis pasti akan mengalami naik turunnya performa bisnis. Namun, dengan kepercayaan dan adanya ciri khas suatu usaha pasti akan dapat membantu bisnis tersebut untuk bertahan dan berkembang.

Kontributor : Fitri Nuraini (Mahasiswi IPB) 

Redaktur : Bery K

Print Friendly and PDF

BERITA INFORMASI RAKYAT