Penjualan Menurun Akibat Pandemi, Pedagang Lilin Aroma Terapi Beralih Ke E-commerce

Tampak gambar lilin aroma terapi. (Foto : Fahriza Putri Agustriana) 

SUKABUMI matanusa.net –

Dampak Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sangat berpengerauh terhadap berbagai sektor dunia usaha bagi para pedagang kecil UMKM. 

Sektor ekonomi ternyata sangat besar dirasakan oleh para pedagang ketika Pandemi ini, hal tersebut membuat mobilitas menjadi terbatas dan membuat sebagian besar toko harus tutup. Tak pelak ini sangat merugikan, berdamlak terhadap kondisi pemasukan yang menurun secara drastis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hampir sebagian toko memilih harus tutup , dan beralih menjual produknya melalui e-commerce atau transaksi elektronik.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi menjadi sangat canggih sehingga sampai dengan sekarang konsumen dapat membeli barang tanpa perlu mengunjungi toko, alhasil pembelian melalui elektronik atau online. 

Seperti diketahui, Forthedearest adalah salah satu yang terkena dampak akibat pandemi covid-19. Saat awal pandemi penjualan lilin aroma terapi mengalami penurunan namun tidak drastis karena penjualannya sendiri lebih difokuskan secara online. Seiring berjalannya waktu mulai banyak orang yang menggunakan transaksi elektronik 
dan penjualan lilin aroma terapi mulai meningkat kembali.

Salah satu pedagang lilin aroma terapi, sebut saja Fathia, dirinya mengakui bahwa sejak awal pandemi itu terjadi penurunan pembeli saat drastis, mungkin karena pengaruh faktor ekonomi juga pada saat itu sedang sulit. 

Dengan cekat dan mengikuti perkembangan dunia digital, ia mulai berpikir dan mungkin saat ini kebanyakan orang akan berbelanja melalui platform digital, ia pun mulai mempelajari engagement di social media seperti 
mengiklankan produk melalui Instagram dan facebook.” Ucapnya, Selasa (15/3/22).
 
Lebih lanjut, Fathia mengucap syukur dan Alhamdulillah, setelah ia mengiklankan produk, ternyata mulai banyak yang membeli. Bahkan followers akun Instagram juga meningkat dari sebelumnya. Dengan adanya e-commerce ini sangat menguntungkan karena penjualan produknya tidak hanya di dalam kota saja, Tambahnya.

Terakhir, Menurut Fathia di zaman ini dimana teknologi semakin canggih para pedagang dapat menjual produknya melalui ecommerce, 

“Harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal dan juga tetap konsisten. Pada awalnya pandemi ini memberi dampak negatif namun juga setelah menjualnya”, melalui e-commerce ternyata mendapatkan dampak yang positif.

Kontributor : Fahriza Putri Agustriana (Mahasiswa jurusan komunikasi sekolah vokasi IPB) 

Redaktur : Berry K